Belajar informatika sering dianggap sulit karena banyak istilah teknis yang harus dipahami siswa. Namun, dengan pendekatan kreatif, materi bisa terasa lebih menyenangkan. Salah satu metode menarik adalah Word Search atau permainan mencari kata, seperti pada gambar di atas. Aktivitas sederhana ini ternyata mampu meningkatkan pemahaman konsep dasar informatika dengan cara yang interaktif.
Melalui quiz mencari kata, siswa diajak menemukan istilah penting seperti program, variabel, array, string, flowchart, debugging, hingga logika. Dengan cara ini, siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga lebih mudah mengenali istilah yang sering muncul dalam pemrograman. Kata-kata tersebut menjadi jembatan untuk memperkenalkan konsep pemrograman seperti percabangan (if-else), perulangan (for, while), input-output, serta fungsi dan operator.
Selain itu, game edukatif ini juga dapat melatih konsentrasi, ketelitian, dan daya ingat siswa. Saat mencari kata, otak bekerja aktif dalam mengenali pola huruf dan mengaitkannya dengan konsep pemrograman yang sedang dipelajari. Guru pun bisa menggunakannya sebagai ice breaking di kelas atau penutup pembelajaran agar siswa merasa belajar informatika itu menyenangkan.
Di era Kurikulum Merdeka, pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas kreatif sangat dianjurkan. Dengan memanfaatkan media sederhana seperti Word Search Quiz Informatika, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna sekaligus menyenangkan. Tidak hanya sekadar mencari kata, siswa juga bisa diajak mendiskusikan arti dari setiap istilah yang ditemukan, sehingga mereka lebih paham dalam konteks pemrograman.
Mencari kata bukan hanya permainan, tetapi juga strategi belajar efektif. Mari jadikan pembelajaran informatika lebih seru, interaktif, dan bermakna bagi generasi digital!








